English Corner

Pelajaran-4 Sentence-Subject

Di pelajaran 4 ini kita akan memasuki pelajaran tentang SUBYEK/SUBJECT.

Kita ulang, Subject adalah ORANG (person) atau SESUATU (something) yang melakukan suatu kegiatan/pekerjaan.

Subyek orang(person) mempunyai namanya masing-masing , misal Ali, Budi , Susi, Shinta dsb. Sedangkan sesuatu (something) bisa berupa nama benda atau binatang. Misal kucing yang bernama si Manis, Anjing yang bernama Helly dsb.

Sampai di sini tolong dipahami sejenak.............

Nah dilanjut.....

Misal saya bernama Edi, saya akan mengatakan bahwa saya sedang melakukan sesuatu dalam suatu kalimat saya akan berkata: Edi membaca buku di ruang tamu.

Yang perlu kita pahami sekarang adalah bahwa tidak mungkin kita akan menyebutkan nama secara terus menerus dalam suatu pembicaraan, contoh

Anton : Hallo Edi bagaimana kabarmu?
Edi : Ohhh Edi baik-baik saja, bagaimana kabar Anton?
Anton : Anton baik-baik saja Edi mau ke mana?

Agak ribet bukan? Nah untuk mempermudah suatu pembicaraan, tata bahasa menyediakan suatu kata yang disebut dengan KATA GANTI Benda (pronoun)

Dalam bahasa Inggris PRONOUN (kata ganti) terdiri dari :

I (ai) = SAYA
YOU (yu) = Kamu
SHE (si) = Dia (perempuan)
HE (hi) = Dia (laki-laki)
They (dei) = mereka
WE (wi) = kami
IT (it) = ini/itu untuk menggantikan benda yang bukan orang.

Nah..bisa kita kihat bagaimana jadinya jika tidak ada 7 kata ganti ini dalam pembicaraan, kita harus terus menerus menyebutkan NAMA orang atau benda satu persatu. Sangat tidak praktis

Pemahaman ini akan saya jelaskan lagi di pelajaran 5. Selamat merenungkan dan memahami pelajaran ini