English Corner

"To Be" Simple Present (am, is, are) dan Personal Pronoun

"To Be" Simple Present (am, is, are) dan Personal Pronoun ini merupakan postingan pertama saya di blog kursus bahasa inggris gratis, blog ini saya buat sebagai media belajar untuk saya sendiri dan pengunjung lain yang ingin belajar bahasa inggris. Karena belajar yang paling menarik menurut saya adalah sambil blogging, so inilah cara saya belajar bahasa inggris.
Untuk itu mari kita bahas materi pembelajaran bahasa inggris yang pertama yaitu tentang Personal Pronoun atau Kata ganti orang/ benda, bila sobat belum mengerti mari kita bahas sedikit lagi. Personal pronoun adalah suatu kata ganti orang, misalnya nama kita adalah Udin dan Udin merupakan nama seorang laki-laki maka kata ganti untuk Udin adalah He yang artinya dia untuk laki-laki.
Personal Pronoun dalam bahasa inggris mencangkup sebagai berikut :

Tunggal Jamak
I : Saya
You : Kamu
He : Dia Laki-laki
She : Dia Perempuan
It : Pengganti kata Benda
You : Kalian
We : Kita
They : Mereka
Diatas merupakan personal pronoun atau kata ganti orang/ benda, silahkan dipelajari dan apabila sudah hapal silahkan masuk pada to be dibawah ini
To Be, kata kerja Be berarti ada. Kata kerja ini merupakan kata kerja penghubung yang menghubungkan personal pronoun atau subject dengan sesuatu yang berhubungan dengan personal pronoun/ subject tersebut. Karena kita disini membahas tentang to be dalam bentuk simple present, maka kita bahas terlebih dahulu bentuk dari to be dalam simple present, yaitu sebagai berikut :
  • I am
  • You are
  • We are
  • They are
  • He is
  • She is
  • It is
Nah, diatas adalah susunan to be untuk personal pronoun atau subject dalam bentuk simple present, subject I to be-nya adalah am, you adalah are, dan seperti itu seterusnya atau tidak boleh apabila membentuk kalimat dengan subject I lalu diberi to be are.
Apabila sobat sudah mengerti materi diatas, silahkan lanjut kemateri selanjutnya, yaitu tentang pembentukan kalimat dasar dibawah ini:
Bahasa Inggris merupakan bahasa SPO atau Subject + Predikat + Object, yang berarti kalimat yang akan dibentuk memiliki pola Subject terlebih dahulu, selanjutnya diikuti oleh Predikat dan Object. Dengan pola diatas kita dapat membuat kalimat dalam bahasa inggris dengan mudah, contohnya adalah sbb :
Subject Predikat Objcet
I am Doctor
You are Doctor
He is Teacher
Diatas adalah contoh pembuatan kalimat dengan pola SPO, sekarang sobat coba buat contoh kalimat seperti diatas untuk meyakinkan sobat sudah bisa dengan materi tersebut.
Selanjutnya adalah contoh penggunaan dalam dialaog menggunakan to be simple present dan personal pronoun. Silahkan simak dibawah ini contoh dialognya.
Hi Sam, how are you?
hi John, I am fine thank you. How are you?
I am very well! thank

Hi, my name is Jack. What is your name?
Nice to meet you Jack, my name is Sparrow
Nice to meet you Sparrow
Sekarang materi ini sudah dijelaskan untuk sobat semua, semoga sobat bisa mengerti dan apabila ada kritik dan saran silahkan masukan lewat kotak komentar kursus bahasa inggris online gratis