English Corner

Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Kencing Nanah dan Penyembuhannya - Gonore atau kencing nanah ialah salah satu penyakit menular seksual yang awam dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria ataupun wanita dapat terjangkit penyakit ini. Kuman gonococcus lazimnya ditemukan di cairan penis dan Miss V dari orang yang terinfeksi.


Bakteri penyakit ini dapat menyerang dubur, mulut rahim (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Penyembuhannya

Gonore paling tak jarang menular melalui hubungan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom baru setiap digunakan, dan berhubungan seks tanpa memakai kondom. Bayi juga dapat terinfeksi ketika progres kelahiran seandainya ibunya mengidap penyakit gonore dan lazimnya menjangkiti mata bayi, sampai berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Bakteri gonore tak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tak menular lewat dudukan WC, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, kecupan, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya terhadap pasangan mereka tanpa disadari.
Lazimnya lebih gampang untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingi wanita sebab gejala permulaan pada wanita mungkin sangat ringan atau tak demikian itu jelas sehingga sering kali keliru dianggap sebagai infeksi organ intim wanita atau infeksi saluran kemih. Tapi demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita jika tak langsung diobati dan bisa menyebabkan perdarahan pada Miss V, sakit pada perut komponen bawah, demam, dan sakit saat menjalankan hubungan seksual.

Gejala gonore yang kerap timbul, baik pada pria maupun wanita, di antaranya adalah ketika membuang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti bisul berwarna kuning atau hijau dari Miss V atau penis. Oleh karena itu, penyakit ini diketahui dengan sebutan ‘kencing bernanah’.

Diagnosis Gonore

Ada sebagian metode untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir beberapa besar kasus, dokter akan menjalankan pengujian sampel cairan dari vagina atau penis untuk kemudian diperiksa di lab.
Pada wanita, dokter atau perawat biasanya akan memakai cotton bud untuk mengambil sampel cairan di Miss V atau mulut rahim. Tetapi, dokter mungkin juga dapat meminta pasien untuk memakai tampon guna mengambil sampel cairan hal yang demikian. Prosedur ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi pasien mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman. Baca juga: Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air kemih pasien untuk kemudian diperiksa kesudahannya di lab. Pemeriksaan air kencing ini kurang cermat kesudahannya pada pasien wanita. Selain itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan menggunakan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter lazimnya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta memberi rekomendasi agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan sesudah pengobatan permulaan untuk pemeriksaan ulang dan mempertimbangkan kuman gonore telah hilang sepenuhnya.
Gejala pengaruh kuman gonore akan membaik setelah beberapa hari jikalau dilaksanakan pengobatan yang tepat sasaran dan sesegera mungkin. Namun bila diperbolehkan, dapat menjadi problem yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tak berkaitan seks sampai perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang sudah terbukti negatif.

Anda dapat terkena penyakit gonore kembali seandainya tidak menjalankan kekerabatan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual ialah dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak mengerjakan hubungan seksual di luar nikah, dan pakai kondom seandainya melaksanakan relasi seks.

Demikian merupakan review seputar Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya yang bisa kami tuliskan untuk Anda semua. Semoga review tersebut bermanfaat & bisa menambah ilmu untuk kita semua.