English Corner

Kosa kata Dan Perkembangan Intelektual

Perkembangan kosa kata tidak bisa disangkal lagi berbanding lurus dengan perkembangan peradaban manusia. Ketika bahasa belum berkembang, manusia berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan bahasa isyarat. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa manusia prasejarah memiliki kemampuan berkomunikasi secara telepati.

Seperti kita lihat, bahasa memiliki beragam aksen, bunyi dan variasi yang sangat beragam di seluruh penjuru dunia ini. Pernahkah Anda berpikir mengapa suatu kata misalnya KURSI, didalam Bahasa Inggris disebut chair, dalam Bahasa Belanda : Stoel, Bahasa Melayu : Kerusi, Bahasa Jerman : Sitz, Bahasa Latin : Sedes. Bunyinya berbeda, tetapi mempunyai arti dan maksud yang sama untuk sebuah benda. Artinya secara tidak kita sadari ada sebuah kesepahaman universal yang menghubungkan semua makhluk, dan diekspresikan dalam bahasa-bahasa yang kita kenal sekarang ini. Bahasa adalah sebuah ekspresi semua makhluk hidup. Bahkan hewanpun memiliki bahasa, karena semua hal di dunia ini sebenarnya terus menerus berkomunikasi satu sama lain mulai dari atom-atom dalam sebuah benda, sel-sel dalam tubuh kita, dan seluruh isi jagad raya ini saling berkomunikasi entah disadari atau tidak.


Kemampuan berbahasa menunjukkan tingkat berpikir sebuah peradaban. Sebuah kemampuan untuk mengekspresikan sebuah pemahaman. Dan ekspresi ini terwujudkan dalam perkembangan kosa kata yang terus bertambah seiring perkembangan sebuah peradaban atau manusia. Semakin seseorang kaya dengan kosa kata, semakin mudah ia mengekspresikan sebuah pemahaman.

Perkembangan ilmu pengetahuan juga diiringi perkembangan kosa kata yang membantu sebuah ilmu pengetahuan menjelaskan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam ini. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan intelektual kita juga dipengaruhi oleh perkembangan kosa kata yang kita miliki.

Apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang pembelajar Bahasa Inggris atau seorang pembelajar bahasa apapun ? Hal ini : Bergembiralah ketika Anda menemukan sebuah istilah yang tidak Anda mengerti atau pahami, karena ketika Anda menemukan sebuah kata yang tidak Anda pahami, di situlah terjadi titik kritis perkembangan pengetahuan dan intelektual Anda. Misal anda bertemu dengan kata : STENOSIS...Anda bisa memilih untuk mengabaikannya dan membiarkan kesempatan anda berkembang hilang, atau Anda memilih untuk sedikit repot mencari artinya, baik di kamus atapun di Google. Mulailah menyukai kosa kata baru, dan ketika kebiasaan ini Anda kembangkan, secara perlahan / cepat (tergantung dari kerajinan) pengetahuan Anda akan semakin berkembang, dan dengan semakin banyak kosa kata yang Anda ketahui, semakin banyak hal yang bisa Anda ekspresikan.

Pernah menemui seseorang yang berkata begini : "Saya mengerti tapi saya tidak dapat menjelaskannya atau mengatakannya". Lihat, ada pemahaman. Tapi apa yang bisa mengekspresikan pemahaman tersebut ? KOSA KATA !

Selamat belajar menemukan kosa kata baru, dan bergembiralah untuk setiap penemuan yang Anda dapatkan. Belajar Bahasa Inggris akan lebih menyenangkan dan bukan lagi sebuah beban.