English Corner

10 Masalah Jika Tubuh Kurang Cairan


Kurang minum air putih hingga menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kurang minum sebenarnya memberikan sinyal rasa haus. Tapi, jika Agan tidak segera minum, maka berbagai efek kesehatan bisa mengganggu tubuh Agan. Berikut ini 10 akibat dehidrasi:
10 Masalah jika Tubuh Kurang Cairan:

1. Bau mulut
Kesibukan bisa membuat Agan lupa minum air putih. Hati-hati, tanpa Agan sadari, kurang minum bisa menyebabkan bau mulut.

Dokter gigi Marshall Young dari Newport Beach, California menjelaskan, ketika dehidrasi, produksi air liur akan menurun. Padahal, air liur memiliki sifat antibakteri yang penting bagi kesehatan mulut.

"Kurangnya air liur di mulut memungkinkan bakteri untuk berkembang, sehingga bau mulut," kata Marshall.

2. Ingin makan makanan manis
Keinginan konsumsi makanan manis, seperti tinggi gula bisa meningkat pada orang yang mengalami dehidrasi. Namun, hal ini biasanya terjadi setelah berolahraga.

Ahli diet dan olahraga Amy Goodson menjelaskan, ketika olahraga, tubuh akan mengeluarkan cairan lebih banyak dan menggunakan glikogen dalam tubuh sebagai energi.

Dengan begitu, tubuh akan kembali menbutuhkan karbohidrat yang akan diubah menjadi glikogen.

3. Kulit kering
Menurut dokter kulit dari California Anne Marie Tremain, minum cukup air sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit sehat dan bercahaya.

Menurut Anne, kebutuhan air putih pun disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Saat berolahraga atau saat banyak minum kopi, sebaiknya minum banyak air putih. Sebab, kopi yang mengandung kafein bersifat diuretik, yang bisa menyebabkan dehidrasi.

4. Kurang konsentrasi saat mengemudi

Banyak orang takut minum air putih ketika sedang mengemudi dalam perjalanan jauh. Mereka takut tiba-tiba ingin buang air kecil dan sulit mencari toilet. Risikonya, Agan justu mengalami dehidrasi jika tidak minum. Menurut penelitian, dehidrasi saat berkendara bisa mengurangi konsentrasi.

Penelitian menunjukkan, jumlah kesalahan mengemudi terjadi dua kali lipat selama dua jam ketika pengemudi dehidrasi. Peneliti menyimpulkan, dehidrasi bisa meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

5. Kelelahan
Ketika Anda merasa lelah, pikirkan apakah Anda sudab cukup minum air putih. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Luga Podesta mengungkapkan, dehidrasi bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, denyut jantung meningkat, dan memperlambat aliran darah ke otak. Kurang air juga membuat otot melemah sehingga saat melakukan aktivitas akan terasa melelahkan.

6. Mudah tersinggung
Kurang minum air putih ternyata juga membuat suasana hati tidak baik. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, wanita muda yang dehidrasi akan lebih mudah tersinggung, sulit fokus, dan sakit kepala dibanding yang cukup minum air putih.

7. Menggigil
Saat kurang minum, tubuh Agan justru akan merasa mengigil. Jika sudah dehidrasi parah, pengaturan suhu tubuh akan lebih sulit. Agan akan merasa kedinginan lebih cepat, bahkan saat berada di lingkungan yang tidak dingin.

"Hal ini terjadi karena tubuh Agan mulai membatasi aliran darah ke kulit ketika dehidrasi," ujar dokter Podesta.

8. Kram otot
Jangan sampai telat minum jika tak mau mengalami kram otot. Kram otot bisa terjadi, karena kurang lancarnya sirkulasi darah akibat kekurangan minum air. Otot-otot akhirnya terasa kaku.

9. Sakit kepala
Dampak buruk dari dehidrasi bahkan bisa menyebabkan sakit kepala. Menurut dokter Casciari, kekurangan air bisa menurunkan tingkat serotonin tubuh sehingga menyebabkan sakit kepala.

Casciari menyarankan, ketika sakit kepala cobalah minum dua gelas air putih dan makan buah yang mengandung tinggi air.

10. Konstipasi
Susah buang air besar atau konstipasi? Mungkin Anda kurang minum air putih. Air dibutuhkan untuk melancarkan pergerakan di usus Anda. Jika kurang air, tubuh akan menarik cairan dari tinja sehingga menjadi sulit dikeluarkan.

Penyebab sembelit ini biasanya karena kurang makanan berserat, tapi bisa juga karena kurang minum.

Dari dampak di atas ane lebih sering ngalamin konstipasi dan sakit kepala gan kalo kurang minum. Semoga agan-agan kaskuser gak ngalamin hal seperti ane. Jangan lupa gan untuk minum air minimal 2 liter per hari. Kalo ane biasanya tiap 1 jam sekali minum beberapa teguk air biar ga kekurangan cairan.
Semoga bermanfaat gan.

Sumber:http://www.kaskus.co.id/thread/56fbd462d89b0914378b4569