English Corner

8 Fakta Unik Tentang Lidah Manusia Yang Jarang Diketahui

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

Panjang 10 Sentimeter

 


Tenyata Panjang Rata-Rata ukuran lidah itu 10 sentimeter lo gansist dan ternyata lagi nie gan sist, orang yang lidahnya kurang dari 10 cm atau kelebihan itu rata2 cadel lo, ane termasuk nie kyaknya 

Punya Ribuan Bintil Pengecap

 


Coba ente raba di lidah ente kyak ada bintil2nya gtu kan? dan tau gk si gansist ternyata bintil di lidah manusia Bisa mencapai 10 Ribu buah Bintil !
Dalam istilah biologi Disebut "supertaster" atau mereka yang punya indera pengecap super.

Punya Rambut

 


Rambut bukan ada di kepala ama bawah perut doang lo gansist ternyata di lidah juga ada rambut yang disebut "papilae" Tapi sayang gansist ternyata Rambut dilidah itu gk bisa diliat oleh mata telanjang karena ukuranya yang mikroskopis
tapi intinya tetep aja ada 

Tidak Punya Area Khusus

 


Anda pasti pernah diajarkan bahwa terdapat area pengecap khusus untuk rasa manis, asam, asin, pahit, dan gurih. Padahal, sebenarnya, tidak ada area khusus pada lidah Anda. Semua rasa tersebar rata di bintil pengecap. Otaklah yang memilah rasa dan memberitahunya pada Anda. 

Fleksibilitas lidah tidak tergantung Genetik

 


Saat Anda kecil, pernahkah Anda mencoba menggulung lidah di depan cermin? Mitos menyebutkan kemampuan menggulung lidah diturunkan secara genetis. Kenyataannya, Anda bisa berlatih menggulung lidah tidak peduli dengan keturunan genetika. 

Bukan otot terkuat

 


Lidah memang merupakan organ yang hampir seluruhnya merupakan otot. Oleh karena itu, lidah sangat fleksibel, sehingga bisa membantu Anda makan, berbicara, juga bernapas. Otot lidah juga tidak pernah lelah. Tapi, tidak berarti bahwa lidah adalah otot terkuat yang dimiliki manusia. Otot paling kuat yang dimiliki manusia adalah jantung.

Indikator Kesehatan

 


Lidah yang sehat memiliki warna merah muda cerah. Oleh karena itu, perubahan warna dan tekstur pada lidah bisa jadi indikasi kesehatan seseorang. Lidah yang berwarna merah tua, dikombinasikan dengan rasa bengkak bisa jadi pertanda Anda mengalami radang tenggorokan.
Sementara itu, warna putih pada lidah menandakan demam tinggi atau infeksi jamur. Adapun, lidah yang terasa halus dan pucat adalah pertanda Anda kekurangan mineral esensial serta vitamin B12.

Penyebab Mendengkur

 


Bentuk lidah yang gemuk merupakan salah satu penyebab Anda punya kebiasaan mendengkur. Perubahan bentuk lidah ini seiring dengan penambahan berat badan. Mereka yang obesitas punya lidah lebih gemuk dari mereka yang mempunyai berat badan normal. Di sisi lain, lidah yang gemuk menghalangi sirkulasi udara di tenggorokan dan menyebabkan dengkur yang lebih keras.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/56e51a34582b2e25168b4567