English Corner

Paksa diri anda untuk Stop dreaming start action

Stop Dreaming Start Action, segera action untuk menguasai bahasa asing!
Menguasai sebuah bahasa lain selain bahasa sendiri adalah sebuah kesenangan tersendiri. Saya ingat seorang teman yang begitu fasih berbahasa Jerman, nyaris seperti orang Jerman asli. Ketika saya tanya bagaimana cara dia menguasai bahasa ini, teman saya ini menceritakan bagaimana ibunya memaksanya berbahasa Jerman sejak umur 5 tahun! Ibu teman saya ini seorang lawyer (pengacara) dan sangat fasih berbahasa Jerman. Sejak umur 5 tahun, dua bahasa mulai dijejalkan dalam otak bahasanya dan hasilnya sungguh menguntungkan perjalanan karirnya yang tidak jauh-jauh dari kemampuan Bahasa Jerman.
Penguasaan bahasa asing akan terlihat ketika kita sudah mampu marah dengan bahasa tersebut! Karena ketika dalam keadaan marah, kita berbicara tanpa banyak berpikir, dan ini bisa menjadi sebuah test apakah kita sudah menguasai sebuah bahasa asing atau tidak.
Kalau anda tidak mempunyai orang lain yang bisa memaksa anda untuk belajar sampai benar-benar bisa, satu-satunya jalan anda harus mampu menjadi seorang motivator bagi diri sendiri, seorang mandor bagi diri sendiri. Demikian pula dalam penguasaan ilmu-ilmu yang lain, termasuk ilmu internet seperti yang dilakukan oleh Joko Susilo.
Salah satu kosa kata yangharus anda miliki untuk memiliki sebuah keahlian adalah mulai sering berkata Stop Dreaming Start Action